Selasa, 09 Agustus 2011

Branding Bagi Produk Tahu dan Tempe

Program T&T MercyCorps sedang gencar-gencarnya melakukan branding kepada pengrajin tahu dan tempe yang telah melakukan perubahan pada proses produksinya. Kriteria pengrajin yang mendapat subsidi branding adalah pengrajin tahu dan tempe yang sudah  menggunakan dandang stainless dan gas elpiji.  Kunjungan ke tempat Pak Sarbun dan Pak Muslim pada Senin (08/08/2011) memberikan makna yang baik bagi perkembangan program. Sharing pengalaman pak Sarbun  yang sudah menggunakan drum stainless steel ternyata sangat memberikan manfaat dalam proses produksi terutama penggunaan elpiji.  Kini untuk memasak  50kg kedelai hanya dibutuhkan gas kurang dari 1 tabung elpiji ukuran 3 kg.

Hal lain  yang menarik adalah ketika kami akan pulang, pak Muslim mengetuk kaca mobil kami dan mengungkapkan bahwa mereknya yang tadi didiskusikan dirubah dari “ Tempe Malang Pak Mus menjadi Tempe Super atau Tempe Murni Pak Mus Pekalongan. Berbicara mengenai Branding bagi pengrajin tahu dan tempe mungkin adalah sesuatu yang baru. Meskipun mereka tahu sejak lama mengenal kata merek, tetapi kini merek akan menjadi bagian dari kegiatan usaha mereka. Oleh karenanya kita perlu mengenal apa itu merek dan manfaatnya bagi produsen dan konsumen.


Merek menurut UU Merek no 15 tahun 2001 pasal 1 ayat 1, merek adalah “tanda yang berupa gambar, nama, kata, huruf-huruf, angka-angka, susunan warna atau kombinasi dari unsur-unsur tertersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang dan jasa.”  Definisi ini mirip dengan definisi dari American Marketing Association yang menekan kan peranan merek sebagai identifier dan differentiator. Berdasarkan dua definisi tersebut maka apabila seseorang membuat nama, logo atau symbol baru untuk sebuah produk baru, maka ia telah menciptakan sebuah merek.

Manfaat Merek bagi Produsen
Selain memberi sumbangan manfaat yang besar bagi produsen, merek juga akan sangat membantu proses segmentasi dan pencitraan produk di tingkat konsumen. Beberapa manfaat penting terkait merek pada produk bgi produsen diantaranya: 1). Membuat produk yang satu beda dengan yang lain 2). Bentuk perlindungan hukum terhadap produk. 3). Simbol dari peningkatan kualitas produk dan peningkatan layanan kepada konsumen sehingga konsumen dapat memilih dengan mudah dan akan membelinya lain waktu. Loyalitas seperti ini akan menghasilkan predictability dan security permintaan bagi produsen dan dapat menjadi peluang bagi produsen untuk menghambat masuknya competitor baru. 4). Sumber financial return terutama menyangkut pendapatan masa datang.


Sementara bagi konsumen keberadaan merk juga sangat berguna,, diantaranya 1). Memudahkan konsumen dalam mencari produk yang akan dikonsumsinya.sehingga menghemat waktu dalam berbelanja dan menimbulkan loyalitas terhadap produk. 2). Memberikan jaminan kepada konsumen bahwa dimanapun mereka berada akan mendapatkan produk dengan kualitas yang sama.3). Memberikan konsumen pilihan yang terbaik dari produk sejenis. 4). Simbol dari life style konsumen. 5. Kepuasan dari perilaku bertanggungjawab produsen kepada masyarakat.[]Yuyu

0 comments:

Poskan Komentar

'Related Post:' Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 


Silahkan copas [CODE]
diatas. Shout to tell us,
'n kami akan linkback:)


Tahu Tempe