Senin, 01 Agustus 2011

Dr. Susianto: Hidup Sehat itu Mudah!

Jakarta - Pola hidup sehat kini mulai banyak diterapkan. Namun ada sebagian orang yang masih berpikiran bahwa hidup sehat itu sulit. TheFoodHall bersama dengan Greenmax mengadakan talk show menarik seputar hidup sehat.

Setiap orang menginginkan tubuh yang sehat. Tubuh sehat tentunya membuat kualitas hidup jadi lebih baik dan membuat orang berumur yang panjang. Banyak cara dilakukan untuk mendapatkan tubuh sehat. Namun sayang, masih banyak orang yang salah kaprah mengartikannya. Tidak sedikit orang yang mengaitkan hidup sehat dengan biaya mahal. Padahal dengan cermat memilih makanan, hidup sehat pasti didapat.

TheFoodHall bekerjasama dengan Greenmax dan Dharma Kitchen, mengupas gaya hidup sehat dalam sebuah talkshow. Acara talkshow yang diadakan akhir pekan kemarin di TheFoodHall Kebun Jeruk ini mengangkat tema "The Power of Plant Based Foods". Pembicaranya Dr. Drs. Susianto, MKM seorang ahli gizi sekaligus koordinator International Vegetarian Union untuk Asia Pasifik.

"Hidup sehat itu gampang. Hanya dengan memenuhi kebutuhan gizi seimbang, nutrisi yang cukup, olah raga teratur tubuh sehat pasti bisa didapat. Cukup berpatokan pada piramida gizi seimbang," terang Dr. Susianto mengawali pembicaraan.

Berdasarkan piramida gizi seimbang, manusia memerlukan nasi sebagai sumber karbohidrat dan energi. Kemudian dilengkapi dengan sayuran dan buah, baru setelah itu protein yang dibagi ke dalam dua jenis, nabati dan hewani. Si puncah piramida adalah susu. Banyak orang berpikir protein hanya bisa didapat dari daging saja, padahal protein juga bisa didapat dari makanan nabati seperti kacang-kacangan.

"Manusia tidak butuh protein hewani. Karena dengan protein nabati saja sudah mencukupi kebutuhan protein setiap harinya. Tiap 100 gram kedelai sudah menyumbangkan protein sebanyak 334%. Ini hanya dari kedelai lokal, sedangkan untuk kedelai varietas unggul menyumbang protein hingga 46%," tegas Dr. Susianto. "Kadar protein semakin besar ketika kedelai sudah diolah," tambahnya.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Doktor yang telah menulis dua buku berjudul "The Miracle of Vegan" dan "Diet Enak ala Vegetarian" ini, susu yang berasal dari hewan mengandung asam amino sulfur yang dapat mengikis kalsium pada tulang. Berbeda dengan susu yang berasal dari nabati seperti susu kedelai justru aman bahkan untuk mereka yang intoleran terhadap laktosa.

"Jika Anda berpikir daging memberikan asupan protein terbesar, pemikiran ini salah besar. Karena justru tempe menyumbangkan protein yang lebih tinggi. Bahkan kandungan kalsiumnya 10 kali lebih besar dibanding daging," papar doktor yang meneliti tempe dan berkeliling dunia mengadakan seminar tentang tempe.

Acara talkshow juga dimeriahkan dengan cooking demo oleh tim Dharma Kitchen Pluit. Dharma Kitchen adalah salah satu resto yang mengkhususkan diri pada menu-menu vegetarian. Meskipun menunya vegetarian, beragam hidangan yang berasal dari hewani bisa Anda nikmati karena mereka memanfaatkan teknologi pangan yang mengubah kedelai menjadi daging, ikan, ayam, serta bebek.

Hidangan yang dimasak adalah Nasi Sapo Bebek Panggang serta Hot Plate Tofu. Nasi Sapo Bebek Panggang yang menggunakan beras dari Greenmax. Greenmax adalah salah satu produk sehat yang beragam jenisnya. Seperti Black Sesame Cereal, Black Sesame Cereal, Greenmax Fine Cereal, dan lain-lain.

Untuk hidangan Nasi Sapo Bebek Panggang, Tim Dharma Kitchen menggunakan beras Greenmax yang terdiri dari delapan jenis biji-bijian diantaranya ada beras merah dan juga jali-jali.

Produk-produk dari greenmax ini sangat cocok untuk Anda yang ingin memulai hidup sehat. Kandungan serat yang tinggi dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mencegah resiko penyakit jantung, serta menurunkan kadar gula dalam darah.

Sebelum acara ditutup, Dr. Susianto memberikan pesan kepada pengunjung yang hadir sore itu "Kurangi pola makan hewani, perbanyak nabati jika ingin sehat. Perlu diingat bahwa tempe adalah super food karena semua nutrisi baik ada di dalamnya," tutup Dr. Susianto mengakhiri acara.

0 comments:

Poskan Komentar

'Related Post:' Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 


Silahkan copas [CODE]
diatas. Shout to tell us,
'n kami akan linkback:)


Tahu Tempe