Jumat, 23 Desember 2011

Ketel Uap (Steam Boiler) LPG Untuk Tahu

Penggunaan kayu bakar dalam industri kecil khususnya industri tahu merupakan masalah tersendiri yang sampai saat ini masih menjadi dilema bagi pengrajin. Semenjak pencabutan subsidi minyak tanah beberapa tahun yang lalu membuat kayu menjadi alternatif utama untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar.

Tingginya tingkat polusi yang dihasilkan oleh kayu bakar, rendahnya efisiensi kalor, ketiadaan ruang untuk menyimpan kayu bakar, serta naiknya harga kayu bakar menjadi momok bagi pengrajin tahu. Kebutuhan kayu bakar pada indiustri tahu tradisional berkisar antara 1,5 ton/ukm perhari dan jika diakumulasikan dengan jumlah ukm tahu yang ada di jabodetabek yang berkisar antara 2500-3000 ukm maka kebutuhan kayu bakar pengrajin tahu di jabodetabek perhari adalah 4000-4500 ton/hari.

Penggunaan ketel uap yang berbahan bakar LPG merupakan solusi yang dianggap cukup tepat karena minim polusi, memiliki efesiensi kalor yang tinggi serta tidak membutuhkan ruang yang luas untuk penyimpanan.

Penggunaan LPG sebagai bahan bakar berkonsekuansi pada desain ketel yang harus sesuai dengan karakter LPG tersebut, sehingga pengrajin tahu harus melakukan investasi yang relative besar jika ingin menggunakan LPG. Oleh karena itu Mercy Corps mencoba mensosialisasikan teknologi tersebut dengan mendatangkan satu unit ketel berbahan bakar LPG yang di produksi oleh Fateta UGM Jogjakarta. Ketel tersebut di hibahkan kepada pengrajin tahu yaitu H. Momo Sutisna yang  berlokasi di Utan kayu Jakarta timur, Adapun dengan pemasangan ketel uap berbahan bakar LPG ini diharapkan nantinya dapat menjadi model bagi pengrajin tahu lainnya di Jabodetabek sehingga mau untuk beralih dari kayu bakar ke LPG.

Biaya bahan bakar yang dikeluarkan oleh pengrajin tahu dengan ketel uap LPG ini diharapkan mampu menghemat 15-20% biaya bahan bakar jika dibandingkan dengan biaya bahan bakar kayu. disamping itu kebersihan tempat produksi juga menjadi lebih baik dengan tidak adanya asap dan debu.

2 comments:

Mau tanya kira2 berapa harga Ketel Uap (Steam Boiler) LPG? dan dimana saya bisa membelinya? Terima kasih

Terima kasih untuk ketertarikan Anda untuk beralih pada teknologi yang lebih ramah lingkungan. Untuk mengetahui lokasi dan harga dimana Anda bisa membeli Ketel Uap, Anda dapat menghubungi Pak Tripurwadi dari UGM Yogyakarta. Beliau dapat dikontak di nomor 0817266170. Semoga sukses!

Poskan Komentar

'Related Post:' Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 


Silahkan copas [CODE]
diatas. Shout to tell us,
'n kami akan linkback:)


Tahu Tempe