Rabu, 11 Mei 2011

Blogtraining: “Yuk, Update Blog Kopti Kita!”

Upaya perbaikan pola produksi sector tahu dan tempe mendapat respon dan animo yang menggembirakan dari para perajin di wilayah Jabodetabek. Konversi peralatan pengolahan kedelai yang semula menggunakan drum bekas oli perlahan mulai beralih kepada drum (dandang) berbahan dasar stainless steel yang diikuti pula dengan jenis-jenis peralatan lain seperti gilingan kedelai, hal mana menjadi kontribusi mendasar terkait usaha menciptakan pola produksi tahu tempe yang higienis, efisien dan ramah lingkungan.

Demi tujuan mendukung proses sosialisasi atas pola tersebut serta memperlancar akses informasi yang berhubungan dengannya maka dipandang penting oleh tim T&T Mercycorps untuk melakukan pengadaan wahana online berupa web blog beserta transfer pengetahuan terkait system pengelolaannya.

Selain account blog T&T sendiri yang sedianya memang ditujukan untuk secara berkala memberikan update terhadap kelangsungan program, saat ini sudah terdapat 2 buah account blog yang disediakan untuk PRIMKOPTI Jakarta Selatan dan Bogor. Kedua account tersebut selanjutnya diharapkan mampu dioptimalkan oleh pihak yang bersangkutan untuk menopang proses sosialisasi dan atau transaksi terkait upaya perbaikan pola produksi tahu dan tempe di wilayah Jabodetabek.

Blogtraining
Pengadaan blog pada prinsipnya diperuntukkan sebagai media pendukung yang selanjutnya dapat dikembangkan secara mandiri agar mampu memberi manfaat bagi  para pelaku sector tahu tempe dan masyarakat secara umum. Untuk mewujudkan hal tersebut, tim T&T Mercycorps -- yang dalam hal ini dilakukan oleh desk Technical Documentation – telah melakukan proses blogtraining terkait basic knowledge dan tehnik pengelolaan wahana web blog di 2 wilayah berbeda, yakni di kantor PRIMKOPTI Jakarta Selatan pada 5 Mei 2011 dan kantor PRIMKOPTI Kabupaten Bogor pada 6 Mei 2011.

Melalui kegiatan ini diharapakan nantinya dapat memberi manfaat bagi pengurus Kopti seperti tersosialisasinya pengetahuan atas manfaat blog sebagai salah satu wahana transformasi gagasan dan informasi secara digital, yang dinilai sangat penting mengingat semakin besarnya potensi volume masyarakat Indonesia untuk “connected” dengan dunia maya dan menjadikan cyber access sebagai salah satu kebutuhan penting dalam hidup sehari-hari. Selain itu juga mampu memberikan input pengetahuan teknis kepada pengurus Kopti yang ditunjuk sebagai admin untuk sedianya dapat melakukan pengelolaan dan maintenance terhadap keberadaan blog.

Lancar
Secara umum acara yang diikuti oleh pengurus dan penanggungjawab IT dan admin ini berlangsung cukup lancar dan. Proses training dibagi dalam 2 sesi utama yakni pengantar blogging dan manfaatnya serta teori dan praktek pengelolaan blog oleh admin yang sedianya bertanggungjawab pada kelangsungan media blog.

Dalam sesi pengantar penjelasan berkisar persoalan blog dan dunia maya, perbandingannya dengan website dan media-media lain serta manfaat blog bagi pengembangan jejaring informasi dan sosialisasi  atas pola produksi tahu dan tempe higienis dan ramah lingkungan atau juga pola One Stop Service yang sedang dikembangkan Primkopti Jakarta selatan.

Sedang pada sesi teknis materi diantaranya meliputi hal-hal seperti bagaimana melakukan akses kedalam dashboard, melakukan posting, mengatur dan menambahkan image widget (untuk promo) pada sidebar, mengatur dan menambahkan promo image pada header, editing pada page yang berisi Company profile, Jajaran Pengurus dan contact page, update harga kedelai serta komoditas lain yang dijual, mengelola photo album melalui akses third party seperti flicker.com, mengelola komentar-komentar pada chatbox dan lain-lain.

Blog Mandiri dan Bermanfaat
Melalui penyelenggaraan blogtraining ini diharapkan dapat memberi input yang dan bermanfaat bagi upaya optimalisasi kampanye dan dukungan terhadap perkembangan program tahu dan tempe higienis dan ramah lingkungan. Dan untuk tetap mengawal proses training tersebut tim tetap melakukan monitoring secara berkala pasca training untuk dapat secara terus menerus memberikan dukungan teknis terhadap keberadaan blog, baik yang dilakukan secara online maupun offline, hingga pada gilirannya pengurus PRIMKOPTI, dalam hal ini admin, mampu mengembangkan blog yang ada secara mandiri dan menuai manfaat positif, sehingga dengan demikian akan pula memberi manfaat bagi masyarakat untuk menerima akses informasi yang memadai terkait produk tahu dan tempe yang sehat dan diolah secara ramah lingkungan.[Dzi]

0 comments:

Poskan Komentar

'Related Post:' Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 


Silahkan copas [CODE]
diatas. Shout to tell us,
'n kami akan linkback:)


Tahu Tempe