Senin, 10 Oktober 2011

Dengan Tempe, Nurjanah Merambah Amerika

Liputan6.com, Philadelphia: Hari itu Lis sedang sibuk mengemas tempe untuk diantarkan ke pelanggan atau dititipkan ke toko makanan Asia. Semua dilakukannya sendiri sambil mengasuh putrinya Amanda yang berusia 5 tahun. Dengan usaha ini pula wanita bernama lengkap Nurjanah Kadir ini mencari nafkah di negeri orang, tepatnya di Kota Philadelphia, Negara Bagian Pennsylvania, Amerika Serikat.

Bagi pembeli yang berasal dari luar kota, titik bertemunya di depan toko-toko Indonesia, jadi sekali jalan Lis bisa melayani pembeli lain sekalgus menitipkan pada toko tersebut. Kini tempe buatan Lis sudah menyebar ke kota-kota sekitar Philadelphia, seperti New York, Maryland, dan Washington DC, Amerika Serikat.

Lis mulai membuat tempe sejak 5 tahun lalu. Pertama menetap di Philadelphia, Lis bekerja sebagai buruh pabrik kertas. Lis juga pernah jadi buruh pabrik pengemasan yang diupah per jam. Untuk meningkatkan penghasilan, Lis pun bekerja selama 16 jam per hari.

Setelah putrinya lahir, ia merasa lebih cocok bekerja di rumah sambil mengasuh putrinya. Selain waktu yang tersita untuk bekerja, menitipkan anak di tempat penitipan anak bukan hal yang murah di Amerika. Sekarang dia bisa tetap bersama putrinya di rumah dan saat mengantar pesanan tempe. Lis sendiri tidak tiap hari membuat tempe. Penganan itu dibuat berdasarkan pesanan.

Dari seluruh proses pembuatan tempe, Lis melakukannya sendiri. Mulai mengupas kedelai hingga peragian. Bukan hal yang ringan untuk membuat tempe, apalagi suami Lis bekerja di luar kota sehingga hanya bisa membantu membuat tempe dua hari sepekan. "Saya menganggap ini sebagai hiburan yang menghasilkan," ujar wanita asal Blitar, Jawa Timur ini.

Selain membuat tempe, kalau ada waktu tersisa Lis juga membuat bumbu pecel. Bumbu pecel biasanya dibuat berdasarkan pesanan toko yang akan menjualnya kembali di luar kota. Itulah kisah perantau yang produktif mengisi waktunya.(ADO)

Sumber: http://berita.liputan6.com/read/355021/dengan-tempe-nurjanah-merambah-amerika
Video  :  http://tv.liputan6.com/main/read/7/1064723/0/dengan-tempe-nurjanah-merambah-amerika

0 comments:

Poskan Komentar

'Related Post:' Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 


Silahkan copas [CODE]
diatas. Shout to tell us,
'n kami akan linkback:)


Tahu Tempe